PROPOSAL
USAHA
“BAKPAO
RASA SELAI BUAH”
LATAR
BELAKANG
Keadaan
saat ini
Kebanyakan
orang pasti sangat mengenal dengan makanan yang satu ini karena rasanya yang
nikmat dan keempukan bakpao membuat makanan ini digandrungi oleh kebanyakan
orang. Sering kali kita lihat banyak yang menjajakan bakpao dipinggir jalan.
Sudah barang tentu bakpao menjadi salah satu favorit resep kue yang perlu untuk
dicoba.
Keadaan
yang akan datang
Kue
ini belum begitu banyak varian rasa yang ada,sedangkan penikmat kue ini juga
ingin merasakan varian rasa yang lain. Maka dari itu saya ingin membuka usaha
dan membuat varian rasa bakpao yang berbeda dan lain. Dari usaha yang akan saya
buka saya berharap penikmat kue akan ketagihan dan menyukainya.
Yang
akan dijanjikan
Kue
ini sangat cocok dinikmati saat waktu santai bersama keluarga ataupun teman.
Dari teksturnya yang empuk dan lembut sehingga enak untuk dinikmati kapanpun.
Saya akan tetap mempertahankan kualitas rasanya dengan menentukan dengan sesuai
harganya agar bakpao ini akan selalu digemari oleh kalangan masyarakat dan
selalu ada dihati para konsumennya.
Visi
:
Meciptakan
suatu makanan yang memiliki kualitas rasa yang enak sehingga mampu menembus dan
mencapai hingga ke pasaran secara global.
Misi
:
- · Kami memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan cita rasa kue bakpao yang lezat dan enak untuk dinikmati kapanpun.
- · Kami tetap mengutamakan kulitas rasanya dengan menggunakan bahan-bahan yang alami dan tetap menjaga ke higienisannya.
- · Memasarkan kue ini ketempat yang lebih strategis sehingga mudah untuk dijangkau.
ANALISA
PELUANG USAHA
1. Strengh
(kekuatan)
Dari
usaha kue yang saya lakukan,memiliki beberapa kekutan yang diantaranya:
·
Produk kami dalam kulitas rasanya
memiliki kualitas yang cukup tnggi dan mampu bersaing dipasaran.
·
Kami tetap menjaga ke higienisan dan
juga menggunakan dari bahan-bahan yang alami dan bakpao ini teksturnya yang
lembut dan empuk dan tidak berserat sehingga enak untuk dinikmati.
· Harga yang kami tawarkan kepada para
konsumen murah dan terjangkau sehingga tidak perlu membutuhkan biaya yang cukup
mahal untuk menikmatinya.
·
Pelayanan yang kami berikan kepada
konsumen cukup menjamin dalam kepuasannya dan lokasinya cukup strategis
sehingga mudah untuk dijangkau.
2. Weakness
( kelemahan)
Dari
usaha ini juga terdapat beberapa kelemahannya, yaitu:
·
Produk kami tidak dapat bertahan lama
dan hanya mampu sampai dalam jangka waktu yang pendek (beberapa hari).
·
Kami belum begitu banyak dalam
memproduksi stock barangnya sehingga sulit untuk dicari.
· Karyawan yang kami pekerjakan juga tidak
banyak sehingga barang yang dihasilkan tidak begitu banyak.
3. Opportunity
(peluang)
Dari
usaha kami ada beberapa peluang usaha, diantaranya:
· Sebagian kebnyakan orang mengenal dan
menyukai kue ini tetapi belum begitu banyak took yang menyediakan kue bakpao
dan kami akan memperbanyak toko kue bakpao ini ditempat yang cukup strategis.
· Menyediakan varian rasa kue bakpao yang
berbeda dan lain dari yang sebelumnya dan dapat digemari oleh semua kalangan
umum.
· Kue bakpao ini bukan hanya untuk dinikmati
disaat santai tetapi bias juga untuk acara-acara tertentu.
4. Threat
(ancaman)
·
Munculnya pesaing yang akan membuat
usaha yang sama seperti ini.
·
Pesaing dapat menyaingi dengan
menciptakan ide varian rasa yang berbeda dan bentuk yang mampu menarik minat
banyak pelanggan.
·
Pesaing dapat mengungguli kualitas
rasanya dari kualitas rasa kue bakpao saya ini.
·
Pesaing membuat promosi untuk produknya
yang lebih gencar dan mampu menarik bnyak minat pelanggan.
·
Konsumen juga akan memiliki rasa bosan
terhadap produk kami dari varian rasa atau bentuknya sehingga mampu
mempengaruhi tingkat penjualan.
MARKETING
MIX
Produk
Adalah
suatu barang yang dihasilkan oleh produsen yang gunanya untuk memenuhi
kebutuhan konsumen.
Kue
bakpao adalah salah satu makanan khas dari China yang memiliki tekstur adonan
kue yang lembut dan empuk dan didalamnya terdapat isi yang mampu memberikan
rasa bakpao ini menjadi lebih enak untuk dinikmati. Dan biasanya kue ini dapat
dinikmati di waktu santai dan dapat dinikmati oleh semua kalangan.
Spesifikasi
produk:
·
Bentuknya yang bulat
·
Teksturnya yang empuk dan lembut
·
Dan, yang didalamnya terdapat isi.
Varian
rasa:
- · Bakpao rasa selai melon
- · Bakpao rasa selai strawberry
- · Bakpao rasa selai nanas
Price
Adalah
nilai suatu barang yang diukur dengan sejumlah uang.
Kue
kami harganya yang relative murah dan terjangkau dan mampu bersaing dipasaran.
Kami
menjual kue bakpao dengan berbagai macam varian rasa dengan harga Rp 2.500,-
Place
Untuk
menyalurkan produk dalam rangka penyajian ke konsumen. Kami memilih menggunakan
penyaluran secara distribusi langsung. Kami menyajikan produk secara langsung
di toko kami dengan menjualnya dan menyediakan pesanan .
Promotion
Adalah
suatu bagian dari bauran pemasaran dan merupakan sesuatu yang dilakukan
perusahaan untuk menarik minat konsumen.
HEMAT!!
HANYA BELI 5 HANYA BAYAR 8.000,-
PERHITUNGAN MODAL
Untuk
memperlancar kegiatan usaha, mutlak di perlukan adanya modal baik yang berupa
barang/jasa yang disebut dengan modal adalah
Kebutuhan
modal terbagi atas;
Modal
kerja
Bahan
baku:
·
Selai buah
·
Tepung terigu
Bahan
penolong:
·
Garam
·
Air
·
Mentega
·
Gula pasir
·
Ragi
·
Baking powder
Barang dagangan dalam sehari adalah 40 unit.
Butuh tenaga kerja untuk melayani dan membuat
hanya 2-4 orang.
2.
Investasi Produk
Alat:
·
Sendok
·
Kain
·
Pisau
·
Kertas
·
Kukusan Bakpao (panci)
Bahan:
·
Tepung terigu 1 kg : Rp 8.000,-
·
Mentega 1 bungkus : Rp
5.000,-
·
Gula pasir ¼ : Rp
3.000,-
·
½ Bungkus ragi : Rp
2.500,-
·
½ Baking powder : Rp
2.500,-
·
1 sdm garam : Rp
1.000,-
·
3 Botol selai buah (nanas,stroberi,dan
anggur): Rp 3.000 ,-+
Rp 34.000,-
(per hari)
Tenaga
kerja dibayar perhari Rp 25.000 × 28 hari (1 bulan) = Rp 700.000,-
Sewa
bangunan per tahun = Rp 3.300.000,-
Kalkulasinya gmana y,.klo 1 kilo jdi brapa bakpao
BalasHapus